YOU'LL NEVER WALK ALONE

Selasa, 30 April 2013

Percakapan Bahasa Inggris--Cara Belajar Yang Efektif


Cara Menguasai Percakapan Bahasa Inggris 


Bahasa Inggris adalah bahasa asing di negara kita, Indonesia. Lain hal nya di negara-negara lain seperti Malaysia, Philipina, Singapore dan India, bahasa Inggris sudah menjadi bahasa kedua.
Bahasa Inggris di Indonesia sudah diajari sejak sekolah dasar. Namun apa yang telah diajari di sekolah tidak bisa menjamin siswa maupun mahasiswa bisa menggunakan bahasa Inggris (English) secara lisan atau menguasai percakapan bahasa Inggris.  Kebanyakan dari mereka masih belum bisa menggunakannya dalam Conversation. Yang jelas penyebabnya adalah metode pengajaran yang dipakai tidak memaksa siswa untuk berbicara. Fokus pelajaran bahasa Inggris selama ini tertuju pada structure atau grammar. Test TOEFL sendiri hanya mengukur kemampuan receptive saja bukan productive. Lantas bagaimana caranya agar bisa menggunakan percakapan bahasa Inggirs secara lisan atau bercakap-cakap dalam bahasa Inggirs.

Penyebab Kegagalan Menguasai Percakapan Bahasa Inggris (English Conversation):
  1. Metode Yang Diterapkan: Metode yang diterapkan masih fokus kepada grammar. Metode ini dipakai baik di sekolah formal maupun pada kursus-kursus. Dalam kursus jarang sekali komunikasi guru - murid menggunakan percakapan bahasa Inggris.
  2. Siswa takut berbuat kesalahan dalam percapakan bahasa Inggris. Takut  salah mengucapkan atau salah menggunakan grammar. Karena takut salah ini lah siswa tidak berani mencoba menggunakan percakapan bahasa Inggris dalam percapakan sehari-hari.
  3. Menggunakan percakapan bahasa Inggris dianggap sok pintar oleh masyarakat lingkungan. Ini dialami oleh mereka-mereka yang berusaha menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Sulitnya mendapatkan teman yang bisa diajak berlatih percakapan bahasa Inggris. Khususnya di daerah-daerah yang bukan daerah wisata.
Bagaimana Cara Agar Bisa Menguasai Percakapan Bahasa Inggris? 
  1. Niat. Tetapkan niat Anda untuk menguasai percakapan bahasa Inggris secara lisan.
  2. Yakin kan bahwa untuk bisa menggunakan percakapan bahasa Inggris butuh proses. Bukan dalam waktu singkat seperti yang dijanjikan dalam iklan-iklan. Jadi butuh waktu dan Anda harus sabar.
  3. Singkirkan jauh-jauh grammar sampai Anda menguasai kelancaran dalam percakapan. Grammar akan Anda butuhkan setelah Anda mampu menggunakan ungkapan-ungkapan dalam bahasa Inggris. Jadi untuk tahap awal ini, Anda cukup menghafal ungkapan-ungkapan dengan ucapan yang benar. Jangan hiraukan kenapa grammarnya koq begini? Justru ini yang akan menghambat proses belajar Anda dalam menguasai percapakan bahasa Inggris.
  4. Mulailah dengan percakapan yang Anda pasti gunakan sehari-hari. Cari buku-buku percakan bahasa Inggris.Mulailah dari yang paling mudah. Gunakan media yang bisa mengeluarkan suara untuk mengecek ucapan bahasa Inggris Anda. Setiap kata baru, yakin kan ucapannya benar. Praktek kan ungkapan-ungkapan yang Anda hafal kan. Misalnya, Anda dapat mempraktekkan penggunaan: "How are you?, "What's your name?", What do you do?, Where do you live? dan lain sebagainya. Ucapkan kalimat-kalimat tersebut kepada teman-teman Anda, walaupun mungkin teman Anda akan tidak menjawab atau bahkan akan memperolok-olok Anda. Biarkan saja. Jangan dipusingkan.
  5. Dengankan percakapan-percakapan bahasa Inggirs yang Anda latih setiap hari untuk melatih "listening" Anda. Dengarkan lah percakapan-percakapn dalam bahasa Inggris walaupunAnda belum mengerti semua. Jangan putus asa jika Anda tidak bisa memahami semua perkataan.
  6. Setelah Anda yakin bahwa percakapan bahasa Inggris yang Anda hafalkan sudah memadai untuk percakapan sehari-hari, berarti perbendahaaan Anda sudah cukup banyak. Pada fase ini lah Anda mulai mencoba melirik English Grammar tapi ingat kemampuan lisan Anda harus tetap dipertahankan.
Semoga bermanfaat untuk kita semua....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar